Rapat Koordinasi Persiapan Pemutahiran Data Pemilih

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso  menggelar rapat koordinasi terkait pemutakhiran daftar pemilih bersama stakeholder terkait. Di Aula KPU Kabupaten Poso, Senin, 30 Desember 2019.
Daftar Pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelengaraan pemilihan, baik pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah. Baik dan buruknya daftar pemilih akan mempengaruhi baik buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu. Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik.
Berkaca pada pengalaman penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah sebelumnya, daftar pemilih selalu menjadi salah satu alasan bagi peserta pemilu yang kalah untuk mengajukan gugatan hasil pemilu di Mahkaman Konstitusi (MK), tentu Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus lebih serius dalam melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Kekurangan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyusunan daftar pemilih pada pemilu sebelumnya harus dijadikan acuan bagi penyelenggara pemilu untuk tidak terulang kembali pada pemilu atau pemilihan kepala daerah berikutnya.
Dalam Rapat koordinasi ini Undangan dihadiri oleh Disdukcapil Poso, Bawaslu Kabupaten Poso ini membahas tentang tahapan yang akan berjalan pada bulan Januari 2020 yaitu terkait Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).
Dalam rapat diinfentarisir permasalahan yang akan timbul dilapangan dan secara bersama-sama mencari solusinya.
Rakor ini tetap akan berlanjut dengan dibuat tim heldesk pemutakhiran data pemilih di KPU Kabupaten Poso, dengan saling berkoordinasi.
Rapat Koordinasi ini sangat penting dilaksakan untuk membantu kerja teman- teman di lapangan  dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data. Peran serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan mempermudah pekerjaan teman- teman di KPU Kabupaten Poso, untuk itu perlu adanya koordinasi yang baik dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih.

Berita Terbaru